Pages

Friday, April 1, 2011

USB boot installer

Salah satu kegiatan yang gak akan pernah lepas dari para pengguna komputer adalah menginstal ulang sistem operasi-nya.. ini mungkin merupakan ritual wajib tahunan bagi pemuda pemudi yang kurang kerjaan dan kurang perhatian di luar sana.

bagi penulis perasaan setelah menginstall ulang adalah suatu kebahagiaan tersendiri.. layaknya momen saat mempunyai komputer baru.


Penulis asumsikan para pembaca sudah paham bagaimana menduplikasikan cd instalasi sistem operasi dan merubahnya menjadi iso. jadi langsung saja...

Ada saat dimana kendala dalam menginstall ulang adalah Cd. entah masalah cd macet, cd-rom ngadat, dan lain sebagainya. Padahal hal yang paling umum diketahui untuk menginstall sistem operasi adalah Cd..

sebagai pilihan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menghadirkan aplikasi wajib punya ini disini. disimak aja dibawah..
Unetbootin / universal boot installer.
 Aplikasi ini bisa digunakan untuk instalasi sistem operasi tanpa cd..



How to..
Download aplikasi unetbootin, jalankan program-nya.. kemudian akan muncul tampilan program seperti gambar diatas. ada 2 opsi, skip yang pertama karena kita akan membakar file iso ke usb.

Setelah menempatkan lokasi file iso yang diperlukan klik ok, dan proses instalasi akan berjalan. * sebaiknya flesdis/usb dikosongkan karena akan diformat *
Dan kalo berjalan lancar sekarang usb pun siap menjadi media instalasi dan bisa digunakan kapan pun saat dibutuhkan. Sedikit tambahan jangan lupa saat anda ingin menginstall sistem operasi tersebut ubah booting-Pcnya ke usb melalui bios terlebih dahulu.. jangan lupa juga usb nya ditancepin ya...

Kalo masih kurang jelas bisa langsung ke sumbernya di sini ada keterangan dan tutorial yang lebih lengkap, lebih baik, dan lebih benar tentang bagaimana menggunakan aplikasi ini..
bisa juga berkunjung ke http://wintoflash.com/


pernah terlintas pertanyaan yang cukup kritis tapi agak bodoh...' emang knapa burning iso-nya gak pake aplikasi cd burner aja macam Nero...??'  Dan setelah berpikir dengan keras akhirnya  dengan bangga penulis menjawab pertanyaan yang diajukan oleh dirinya sendiri itu..
'ya jelas gak bisalah.. namanya aja CD burner bukan flesdis burner... 


sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 comments: